Tugas 9 PBKK C - Membuat Database CRUD dengan CodeIgniter

 Berikut ini adalah cara yang saya lakukan untuk membuat sistem basis data dengan konsep CRUD

1. Menginstall CI dan  membuat page dan route, yang dapat dilihat contohnya di Membuat website dengan CI

2. Kemudian membuat model baru. Model ini untuk menghubungkan XAMPP dengan CodeIgniter

Berikut adalah Database XAMPP yang saya buat

 
 
3. Kemudian connect database dengan model CodeIgniter.  Pertama connect database dengan mengubah /app/config/database.php Ubahlah port,hostname,username,password,dan database yang diinginkan
 
4. Setelah itu buatlah model di app/model. Saya buat dengan studentModel.php. Berikut adalah isi dari model yang dibuat

5. Kemudian lakukan perubahan route yang diinginkan. Dapat diubah di app/config/routes.php. Berikut adalah contoh dari Routes yang saya buat
6. Setelah itu buat controller. Controller dapat dibuat di /app/controllers. Setelah itu saya membuat page yang simple untuk memasukan dan menampilkan data yang diinginkan. Untuk view page, saya buat di app/views/pages. Untuk codenya controller dan view dapat dilihat di Github: Github

7. Maka Sudah selesai code yang dibuat. Untuk membuka pagenya dapat menggunakan localhost/students. Berikut adalah hasil yang didapat
Contoh Halaman localhost/students yang dibuat
Page untuk menambah database


Contoh page setelah dilakukan penambahan




Contoh tampilah edit



Hasil dari perubahan dengan tombol edit


   Setelah itu dapat juga dilakukan delete, maka data akan hilang dari database dan dari page localhost/students.
 
Berikut adalah link github saya:  Github









Comments

Popular posts from this blog

Tugas PBKK 2 : Tutorial Penggunaan .Net dan Pembuatan Contoh Aplikasi Calculator

Tugas PBKK 4 : Windows Presentation Foundation Sign Up Form

Tugas 2 MPPL C