Tugas 9: Resume Startup(2020)

Nama:Feinard
NRP :05111840000081



Resume:

Start-Up adalah sebuah drama Korea yang bercerita tentang perjalanan membuat start up dari nol. Film Start-Up berputar pada dua tokoh utama, Seo Dal Mi dan Seo In Jae. Mereka merupakan adik kakak dari orang tua yang telah bercerai. Ketika bercerai, Dal Mi tinggal bersama ayahnya yang menjadi wirausaha, dan In Jae tinggal bersama ibunya dimana ibunya menikah dengan pengusaha kaya dan merubah Namanya menjadi Won In Jae. Dengan pisahnya kehidupan mereka, Dal Mi dan In Jae semakin menjauh dan tidak sepandangan lagi.

In Jae tinggal bersama ibunya dan berpindah ke Amerika dengan ayah tiri barunya. In Jae hidup dengan mewah dan melanjutkan pendidikannya di University of Pennsylvania, di ilmu memanajemen bisnis. Kehidupan Dal Mi berbeda jauh dibandingkan dengan In Jae. Dengan meninggalnya ayah kandungnya, Dal Mi hidup sederhana bersama dengan neneknya tanpa penghasilan yang berarti. Dal Mi yang berhenti kuliah mencari nafkah dengan cara apa pun yang ada, termasuk menjadi montir hingga kurir barang. In Jae memiliki hubungan yang sulit dengan ayah tirinya, yang mengecilkan kesempatannya di perusahaan ayah tirinya dalam jangka panjang. Dal Mi juga kesulitan mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan dikarenakan tingkat pendidikannya yang putus kuliah.

Tidak hanya itu, ada juga Han Ji Pyeong. Ji Pyeong untuk berpura pura menjadi laki-laki yang bernama Nam Do San, untuk bertukar surat dengan Dal Mi. Nam Do San sendiri adalah seorang anak laki laki jenius yang memenangkan olimpiade matematika Korea. Hingga dimana Ji Pyeong itu terakhirnya sendiri pergi keluar kota untuk berkuliah.

Kemudian, Dal Mi , JI Pyeong, dan In Jae bertemu pada event bernama Sandbox, sebuah acara untuk startup, dimana disini Ji Pyeong telah sukses dan menjadi salah satu investor disitu. Nam Do San dan dua temannya, Lee Chul San dan Kim Yong San membentuk start up Samsan Tech dan menjadi satu tim dengan Dal Mi. Mereka berhasil lolos hingga tahap final sandbox, namun hanya Dal Mi yang mampu lolos tahap pemilihan CEO. Setelah melewati beberapa tahap, Dal Mi akhirnya dipersilahkan untuk memilih anggota tim. Dal Mi akhirnya bertemu dengan Do San, dimana Dal Mi meminta Do San perwakilan SamSan Tech untuk merekrutnya sebagai CEO, disisi lain, In Jae yang ternyata juga ikut event ini juga ingin merekrut SamSan Tech, dan akhirnya SamSan Tech memilih Dal Mi sebagai CEO mereka. Tidak hanya itu, mereka memiliki anggota tambahan berupa Jeong Sa Ha sebagai desainer, dan memiliki mentor yaitu Ji Pyeong sendiri.

SamSan Tech itu sendiri bergerak di bidang AI, dan ,mengganti haluan untuk membuat aplikasi NoonGil untuk demo day Final Sandbox. NoonGil itu adalah aplikasi pembantu tunanetra dimana aplikasi tersebut dapat mengenali dan menyampaikan hasilnya dengan suara.Akan tetapi,Ji Pyeong mempermasalahkan pembagian saham pada perusahaan start up Samsan Tech itu, dikarenakan seharusnya ada seorang pemegang saham terbesar (key man). Tidak hanya itu, dengan aplikasi yang dibuat dibutuhkan biaya operasional yang tinggi dan sulitnya mendapatkan pemasukan.Sehingga mereka mencari investor lainnya, yaitu Morning Star dan dapat mengembangkan aplikasinya dan menjuarai event start up di sandbox.

Setelah perusahaan Samsan Tech memenangkan event Sand Box ini, dan mulai membahas kontrak dengan sebuah perusahaan besar, 2STO. Karena kelalaian dan tidak menunggu Ji Pyeong, akhirnya perusahaan 2STO malah mendapatkan hak akuisisi terhadap Samsan Tech dan 2STO mengambil Do San, Chul San, dan Yonh San kedalam mereka. Kontrak ini pun terlanjur menjadi terikat selama tiga tahun.

Tiga tahun kemudian, mereka semua berhasil keluar dari kontrak tersebut di mana Nam Do San dan kedua temannya tersebut, Kembali bekerja sama bersama dengan dua kakak beradik Dal Mi dan In Jae membentuk sebuah proyek baru lagi bernama Tarzan dan memenangkan lomba Tender internasional. Cerita berakhir dengan kesuksesan mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas PBKK 2 : Tutorial Penggunaan .Net dan Pembuatan Contoh Aplikasi Calculator

Tugas PBKK 4 : Windows Presentation Foundation Sign Up Form

Tugas 2 MPPL C